unreal Engine 5 rilis

Unreal Engine 5 resmi dirilis, hadirkan fitur-fitur baru yang canggih

Sudah dua tahun sejak diumumkan, akhirnya Unreal Engine 5 (UE5) resmi dirilis. Peluncuran Engine Game buatan EPIC ini disampaikan dalam acara virtual event “State of Unreal” yang digelar pada 5 April lalu.

Unreal Engine (UE) adalah game engine yang dikembangkan oleh Epic Games, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998. Unreal Engine banyak gunakan oleh game game kelas atas, seperti Fortnite, PUBG, Valorant, dan masih banyak lagi.
Kelebihan Unreal Engine 5 adalah mendukung game untuk berbagai platform, dari PC, Mobile (Android/ iOS) PS5 dan Xbox Series X. dan bahkan mendukung cross-platform.
Selain di dunia games, Unreal Engine juga  banyak digunakan dalam dunia Film. Diantaranya yang terkenal adalah serial The Mandalorian, Lion King, John Wick dan banyak lagi.

Dengan rilis ini, seperti yang disampaikan di situsnya, UE5 diharapkan bisa memberdayakan penggunanya baik tim besar maupun kecil untuk mendorong kreatifitas lebih luas secara visual dan interaktif. Dijanjikan UE5 akan memungkinkan mewujudkan konten dan pengalaman 3D dengan kebebasan, ketepatan, dan fleksibilitas yang lebih besar daripada sebelumnya.

UI Unreal Engine

Fitur baru

Unreal Engine 5 memperkenalkan kumpulan fitur baru yang canggih. Unreal Engine 5 menyediakan alat dan aset yang di butuhkan untuk menciptakan dunia yang lebih besar, benar-benar luas untuk dijelajahi oleh pemain. Perombakan UI membuat penggunaan jadi lebih efisien. Berikut rincian fitur – fitur baru UE5.

Lumen – dynamic global illumination

Lumen adalah solusi iluminasi dan refleksi global dinamis yang membuat pemandangan tampak lebih mendekati nyata, dimana pencahayaan tidak langsung beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pencahayaan langsung atau geometri. misalnya, mengubah sudut matahari dengan waktu, menyalakan senter, atau membuka pintu luar. Dengan Lumen, tidak lagi harus membuat UV lightmap, menunggu lightmaps matang, atau menempatkan tangkapan pantulan; Kita cukup membuat dan mengedit lampu di dalam Unreal Editor dan pencahayaan akhir yang sama yang akan langsung dapat dilihat hasilnya oleh pemain saat dalam game.

Nanite – Virtualised Micropolygon geometry system

Nanite mampu membuat detail geometris dalam jumlah besar. Sehingga kualitas visual dalam game dan 3D graphic menjadi tambah cantik

Virtual Shadow Maps (VSM)

Dirancang khusus untuk Lumen dan Nanite, VSM menghasilkan bayangan lembut yang realistis. Nanite dan VSM secara cerdas memproses hanya detail yang dapat ingin kita lihat dan menghilangkan pekerjaan yang memakan waktu membebaskan kita untuk berkonsentrasi pada kreativitas.

Temporal Super Resolution (TSR) upsampling system

Dengan  TSR upsampling system yang terintegrasi, Membuat mesin dapat merender gambar resolusi rendah tetapi dengan hasil serupa dengan render pada resolusi tinggi. Dengan demikian, TSR bisa meningkatkan performa yang lebih baik..

Perangkat Baru Open World

Fitur-fitur yang membuat developer lebih mudah dalam membuat dan mengelola open world.  Sistem Partisi yang baru mengubah cara level dikelola dan dihadirkan, yang secara otomatis membagi dunia menjadi grid-grid dan hanya menyajikan sel-sel yang diperlukan. Tim bisa mengerjakan region yang sama dalam dunia yang sama. Dengan One File Per Actor system, dan Data Layers, dapat membuat variasi di dunia yang sama.

Gabungan fitur-fitur diatas tentu membuat developer game menjadi lebih mudah menggarap game berskala besar dengan tampilan berkualitas tinggi.
The Witcher 4 dikabarkan memutuskan menggunakan Unreal engine 5 ini.

Epic Games juga merilis sample Game Lyra dan Sample project 3d. Lyra Starter Game yang dibuat dan dikembangkan untuk memudahkan pembuat game mempelajari fitur fitur Unreal Engine 5 ini. Sedangkan sample project berupa kota yang diambil dari scene The Matrix Awakens, berisi gedung-gedung, crowd, kendaraan dan sajabana.

Harga Unreal Engine 5

Unreal Engine 5 bisa didapatkan secara gratis untuk membuat konten linier, Custom proyek, dan proyek internal. UE5 Gratis untuk pengembangan game awal – dan system royalti 5% hanya dikenakan saat game yang kita buat menghasilkan lebih dari $1 juta USD

Persyaratan System yang direkomendasikan:
  • Windows 10 64-bit, quad-core Intel or AMD, 2.5 GHz or faster, 8 GB RAM
  • macOS Big Sur, quad-core Intel, 2.5 GHz or faster, 8 GB RAM
  • Linux Ubuntu 18.04, quad-core Intel or AMD, 2.5 GHz or faster, 32 GB RAM

Download Unreal Engine 5

Download