Set Top Box Luby – Gabut Review

Sobat Gabuters, kali ini kita akan me-review Set Top Box merk Luby, sebelum memulai review, saya akan jelaskan dulu pengertian dari Set Top Box atau disingkat menjadi (STB), STB adalah alat tambahan yang menghubungkan antara TV non-digital dengan antena UHF, berfungsi untuk mengubah sinyal digital yang di tangkap oleh antena UHF menjadi gambar dan suara yang dapat di tampilkan di TV non-digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah memulai program migrasi siaran TV analog ke digital atau analog switch off (ASO). Program ini di targetkan rampung pada bulan November 2022. Oleh karena itu buat kalian yang belum punya atau belum membeli STB, kalian bisa menjadikan STB merk Luby ini sebagai salah satu referensi kalian.

Set Top Box Luby ini sudah mendukung digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2), standar TV Digital di Indonesia. Set Top Box Luby juga tidak memerlukan parabola khusus untuk menerima sinyal digital, cukup menggunakan antena televisi UHF lama kalian. Untuk mendapatkan saluran TV digital cukup mudah, kalian hanya perlu melakukan pencarian otomatis untuk mendapatkan siaran TV digital.

Ketika kalian membeli STB Luby ini, tersedia tambahan seperti HDMI dan dongle, tentu saja dengan tambahan biaya, buat kalian yang senang tonton Youtube, kalian bisa pakai dongle untuk dapat menangkap sinyal Wi-Fi.

Kualitas material casing yang di pakai STB Luby ini bisa dibilang kurang, menurut saya casing yang dipakai terlalu tipis, sehingga di khawatirkan jika terjatuh akan langsung rusak atau penyok. Dan juga STB Luby ini jika di pakai untuk tonton youtube cukup lama, akan terasa cukup panas jika disentuh. Sepertinya STB Luby ini diperuntukkan bukan untuk dipakai tonton youtube berjam-jam, sebaiknya memang di gunakan untuk siaran TV digital saja.

Jika kalian membeli STB Luby ini secara online, di dalam paket tersebut sudah terdapat buku manual, kartu garansi, remote TV, baterai AAA dan kabel RCA. Harga yang kami beli sebesar Rp. 220.000, sudah termasuk kabel HDMI dan antena Dongle.

Secara keseluruhan STB Luby ini termasuk yang ramah harganya. Buat kalian yang mau coba pakai STB Luby ini, kalian bisa langsung cek saja di Tokopedia. Untuk harga kalian bisa tentukan sesuai kebutuhan kalian. Selamat menikmati siaran TV digital sobat Gabuters.