poster the badguys

Review The Bad Guys (2022) – Film DreamWorks Animation

Film dari DreamWorks Animation Ini berdasarkan Buku Best Seller karya Aaron Blabey yang juga menjadi salah satu Executive Producer-nya. Animasinya keren, jalan ceritanya penuh Plot Twist, dan banyak filosofinya.

Ini film sedari pembukaan sudah bikin otak freeze. Diawali dengan scene yang menarik, dua tokoh utama Bad Guys yaitu Mr Wolf dan Mr Snake (yang tampilannya bener-bener ular dan serigala tetapi mengenakan outfit seperti manusia, berjalan seperti manusia – kecuali ular karena gak punya kaki -, dan bersikap seperti manusia.) sedang makan di sebuah cafetaria yang isinya manusia semua.

Sejak mereka masuk, semua pengunjung cafetaria ketakutan, berkumpul di ujung ruangan, gemetar. Gw sempat berfikir, apa yang membuat para pengunjung takut? Ada beberapa kemungkinan: pertama, karena takut pada penampilan mereka, tentu saja tidak ada yang berani pada serigala dan ular kan. Kedua, karena mereka sudah dikenal sebagai orang jahat.

Akan tetapi secara gamblang, film ini tidak mengarahkan kita untuk pada akhirnya menyadari bahwa tokoh-tokoh jahat itu ditakuti karena penampakannya, melainkan karena reputasi mereka yang jahat.

Jika kita agak sedikit jeli, kita akan segera tau bahwa penggambaran tokoh-tokoh hewan di dalam film ini menggambarkan karakter tokoh tersebut. Ada Nyonya Gubernur sang Rubah, Ada Profesor Marmalede, sang Marmut. Dan kelima Bad Guys, Mr Wolf, Mr Snake, Mr Piranha, Mr Shark dan Ms Tarantulla (Laba-laba).

Sinopsis film The Bad Guys

Inti ceritanya, Lima orang jahat yang sangat terkenal, akhirnya tertangkap saat mencoba mencuri Golden Dolphin, piala untuk warga kota yang baik, super baik. Kandidat warga kota terbaik adalah Profesor Marmalade, sang Marmut. Saking baiknya dia mempengaruhi Nyonya Gubernur untuk memenuhi permintaan Mr Wolf untuk tidak dipenjara, dan minta kesempatan untuk diubah menjadi warga kota yang baik. Nyonya Gubernur , sang Fox, pada akhirnya menyetujuinya. Dipilihlah Profesor Marmalade untuk menjadi mentor lima Bad Guys agar menjadi Good Guys.

Mr Wolf – leader para Bad Guys – sebelum tertangkap polisi, secara tidak sengaja melakukan perbuatan baik. Muncullah perasaan Bahagia akibat perbuatan baiknya itu didalam hatinya, ekornya berkibas-kibas tidak terkontrol kesana-kemari. Mr Wolf sangat menikmati perasaan itu.

Well, ditengah film, plot twist nya mulai terbuka satu persatu. Siapa yang jahat dan pura-pura baik akan terbongkar. Mr Wolf secara perlahan, mencoba untuk mempengaruhi rekan jahatnya untuk bisa berubah, untuk menjadi baik. Tentu tantangannya cukup besar, kendala juga banyak dan harus dihadapi. Akan tetapi Apakah Mr Wolf berhasil membuat para Bad Guy menjadi Good guy?

Aksi Komedi yang menarik

Setiap scene menyuguhkan action dan comedy yang lumayan menarik. Empat bintang dah… keren sih. Ini juga menjadi salah satu film animasi yang ‘bener’ menurut gue, karena gak tanggung-tanggung adegannya, Ajaib, seperti film animasi tersohor lainnya. Yah lagian, kalau film animasi pakai standar film dengan actor manusia mah apa serunya? Adegan kejar-kejaran mobil ditengah kota dan proses pencurian Golden Dolphin adalah scene terkerennya. Coba deh kalian tonton dan kasih comment, scene mana yang jadi favorit kalian. Okay?

Depok, Mei 2022

Tirta Darmawan

The Bad Guys
Internet Movie Database: 7.0/10
Rotten Tomatoes: 88%
Metacritic: 64/100
Information
Runtime: 100 min
Genre: Animation, Adventure, Comedy
Awards: N/A
Director: Pierre Perifel
Writer: Aaron Blabey, Etan Cohen, Yoni Brenner
Actors: Sam Rockwell, Marc Maron, Awkwafina
Language: English
Country: United States
Data provided by OMDB API
Review The Bad Guys (2022) – Film DreamWorks Animation
Reader Rating1 Vote
4