moonknight-poster

Moon Knight, Superhero berlatar mitologi Mesir

Sinopsis serial Moon Knight

Film dibuka dengan menampilkan tokoh Arthur Harrow, seorang lelaki tua bertongkat kepala buaya, yang diperankan oleh Ethan Hawke, sedang menaburkan pecahan kaca di sepatunya lalu mengenakannya. Lalu dengan latar musik dari penyanyi pop jadul, Engelbert Humperdinck, film memperkenalkan ke tokoh kedua, yang merupakan tokoh utama film Moon Knight ini, Steven Grant (Oscar Isaac), seorang pegawai di museum di London, Inggris. Ia mengalami hal-hal aneh setiap malamnya. Terlihat dari dia mengikat kakinya saat tidur, dan menaburkan pasir disekeling ranjangnya dan menandai pintu dengan selotip. Steven adalah seorang bujang lapuk, penggila sejarah mesir kuno, tapi keahliannya diabaikan oleh atasannya. Selain sedikit kikuk, Steven juga agak aneh karena suka curhat sama Manusia patung dan sering bicara dengan dirinya di cermin. Ternyata ia diduga memiliki Gangguan Identitas Disosiatif.

Penonton terus diajak dan dibuat penasaran dengan si Steven ini, apalagi pada suatu saat dia tiba-tiba berada disuatu tempat asing dan dikejar-kejar sekelompok orang bersenjata. Ternyata Steven memiliki sebuah benda antik yang disebut Scarab, sebuah kompas.

Lalu ia bertemu sosok Arthur Harrow, tokoh antagonis utama film ini. Dari penampilannya Harrow seperti seorang pemimpin suatu sekte rahasia. Ya Harrow ternyata pemimpin dari perkumpulan yang menginginkan kebangkitan Dewi Ammit, seorang dewi mesir kuno yang melakukan penghakiman dengan menilai dari masa lalu, masa kini, dan masa depan seseorang.

Harrow diberi kekuatan menilai tersebut dengan menggunakan tatto yang bisa bergerak dalam menilai seseorang dan akan langsung mengeksekusi pengikutnya jika dinilai tidak baik atau akan berbuat jahat dimasa akan datang. Harrow percaya dunia akan menjadi tempat yang lebih baik seperti surga dengan cara penghakiman seperti itu, yakni mencegah kejahatan sebelum hal itu terjadi.

Namun saat Harrow menimbang Steven, tatto dilengan harrow menjadi kacau. Hal ini disebabkan kondisi Steven yang memiliki kepribadian ganda? ya selanjutnya kita akan diperkenalkan dengan tokoh lain bernama Marc Spector, seorang tentara bayaran bekebangsaan amerika. Yang ternyata adalah avatar dari dewa Khonsu.

Siapa pula Khonsu? Khonsu digambarkan sebagai mahluk tinggi berbadan manusia berkepala burung. Jadi singkatnya Khonsu menggunakan tubuh Marc untuk mencegah Harrow menemukan makam dewi Ammit. Namun hal itu jadi kacau karena Marc yang tangguh ternyata berbagi tubuh dengan Steven yang lemah dan bingung. Marc bisa berubah menjadi manusia super dengan kekuatan Khonsu, bernama Moon Knight, sedang Steven juga bisa jadi superhero yang bernama Mr. Knight. Dengan dua pribadi yang berbeda ini kita bisa menyaksikan pertarungan yang dasyat dan kelucuan-kelucuan bergantian.

Mitologi Mesir kuno

Film Moon Knight kental dengan latar belakang mitologi mesir kuno. Jika Thor berdasarkan mitologi Nordic dengan dewa-dewanya, Moon Knight juga melibatkan dewa dewi mesir kuno dalam ceritanya. Di Episode 1 Steven sempat menyinggung tentang “supergrup dewa Mesir” yang dikenal sebagai  Ennead , menyebutkan Horus, Osiris, Tefnut dan Shu, Atum, Geb, Nut, Isis, Set dan Nephthys.  Pada episode selanjutnya akan diperkenalkan avatar dari dewa dewa tersebut.

Kesimpulan

Serial Moon Knight, berhasil membawa penyegaran di, bukan hanya karena Moon Knight adalah karakter yang kurang dikenal dan baru dimunculkan di MCU, tapi juga plot yang bagus, dimana perlahan kita mengikuti kisah dari seorang Steven, orang biasa yang kemudian mengalami kejadian dan petualangan yang luar biasa bersama, Marc, Khonsu dan Layla El-Faouly (istri Marc).

Di komiknya, Moon Knight termasuk memiliki cerita yang rumit, karena selain berlatar mitologi mesir, juga melibatkan kelainan mental tokoh utamanya yang menderita kepribadian ganda (Dissosiatif Identity Disorder). Demi menyajikan tontonan yang meyakinkan, Moon Knight menghadirkan seorang psikiater yang merupakan Asisten profesor Klinis di UCLA dan mantan presiden Asosiasi Fakultas Klinis Psikiatri UCLA, Dr. Paul Puri. Namun dengan kemasan aksi, petualangan, horor misteri dan sedikit komedi, kerumitan itu menjadi paket komplet mengasyikan.

Peran Oscar Isaac sebagai aktor kawakan juga sangat bagus, bagaimana ia bisa berakting dalam dua pribadi, logat dan karakter yang berbeda dalam waktu bersamaan saat berbicara satu dengan lainnya.

Secara visualpun sangat bagus terutama pemilihan lokasi syuting di padang pasir dilakukan di Yordania, sehingga visual Moon Knight tampil meyakinkan.

Moon Knight dapat disaksikan di Disney+ Hotstar