vr metaverse https://unsplash.com/@ciabattespugnose
Credit https://unsplash.com/@ciabattespugnose

Metaverse: Dunianya para pebisnis dan penyendiri.

Metaverse merupakan istilah yang populer, tapi kebanyakan orang tidak tahu apa artinya.

Metaverse atau Meta-Semesta adalah sebuah dunia yang diciptakan didalam super komputer yang dapat diakses atau harus diakses menggunakan Virtual Reality Headset, Smartphone atau Gadget lainnya. Ya karena itu adalah dunia virtual (didalam kamus Oxford virtual diartikan: almost or nearly as described, but not completely or according to strict definition.)

Metaverse digaungkan oleh pendiri Facebook, Bapak Mark Zuckerberg, yang memiliki 3 miliar user. Akan tetapi, Metaverse bukan milik Facebook saja. Ada perusahaan lain yang tengah membangun dunia digitalnya antara lain Microsoft dan Roblox.

Metaverse kini telah jauh berkembang. Beberapa perusahaan besar telah mengambil peran dalam pengembangan Metaverse, sebut saja Microsoft, Meta Platforms Inc., Google, Nvidia, Unity Software, Roblox, Shopify, dan Qualcomm.

Para penyendiri yang introvert pasti menyukai platform Metaverse, karena di dunia itu setiap user akan memiliki Avatar pribadi yang menjadi pengenal atau identitasnya di Metaverse. Mereka dapat berinteraksi tanpa perlu khawatir akan di bully dan di rendahkan secara fisik oleh user lainnya. Mereka bisa memilih Avatar yang gagah dan tampan atau langsing dan cantik seperti Lisa Blackpink.

Bagi para pebisnis, Metaverse akan menjadi sebuah peluang bisnis baru. Melihat kenyataan bahwa banyak anak anak milenial yang tenggelam dalam keasikan bermain game online, maka Metaverse akan menjadi candu baru bagi para milenial. Itulah saatnya marketer bekerja, jika 1/3 pengguna Facebook mengakses Metaverse, maka bisa dibayangkan dimasa depan banjir order iklan didalam Metaverse mereka.

Metaverse adalah sebuah utopia, dunia yang sering dibayangkan oleh para apatis yang sering mengeluhkan ketidakadilan di dunia nyata. Itu adalah dunia yang menjadi harapan para pecundang kehidupan dan para pencari kenikmatan virtual.

Beberapa platform Metaverse yang kini dapat anda akses adalah:

1. Horizon World (HW)

HW adalah aplikasi metaverse khusus untuk pengguna headset Oculus Quest 2 dan Rift S.
Horizon World dibangun oleh Meta Platform Inc.

2. Roblox

Bagi para gamers, Roblox bukanlah hal baru, sejak 2006 para gamers sudah memainkannya.
Nike, forever 21, NFL dan Hyundai telah bergabung dengan Roblox, mereka menjual NFT dan memiliki dunia sendiri.
Platform ini dapat diakses menggunakan smartphone.

3. Uhive

Uhive telah diunduh 1 juta kali. Platform ini juga dapat diakses menggunakan smartphone. Didalamnya, kita dapat bertransaksi NFT dengan pengguna lain. Tertarik berbisnis NFT? Masuklah ke Uhive!

4. Decentraland

Decentraland dapat diakses melalui web. Mereka menggunakan cryptocurencies MANA yang didukung oleh Blockchain Etherium.

Tak perlu menggunakan VR headset, cukup masuk melalui Web. Coba deh!