info harga vga

Harga VGA turun hingga 40%?

Selama satu setengah tahun terakhir ini seluruh dunia terjadi kenaikan harga pada kartu VGA. Ada banyak faktor yang menyebabkan kenaikan ini. Yaitu Pandemi mengganggu rantai pasokan, lebih banyak orang di rumah karena WFH dan Sekolah Daring yang menimbulkan banyak orang yang ingin meningkatkan PC game mereka, dan tentu saja para penambang cryptocurrency. Dan di 2022 ini untungnya semua tren ini tampak mereda.

Dan dalam beberapa minggu ini terjadi perkembangan tentang terus turunnya harga VGA, walau belum kembali ke harga normal (MSRP). Dari pantauan dipasar online lokal beberapa kartu VGA mengalami penurunan hingga 40% (dari harga kenaikan tertinggi). Beberapa type diantaranya.

RTX3060 dari 11 juta turun jadi 7.5 jutaan
RTX3070ti yang sempat di harga 18 juta – kini jadi 12 juta-an
RTX3080 – dari 25 juta ke 14 juta.

Tentu saja ini jadi kabar menggembirakan bagi kita semua para gamers, apalagi beberapa tahun belakangan ini banyak game pc bagus dirilis, misal Cyberpunk 2077, atau Elden Ring yang lagi hype saat ini.

Kok Bisa turun, ada beberapa penyebab yang menjadi kemungkinan hal ini terjadi.

Over supply

Konten kreator gamer nunggu. Seperti kita tahu selama awal 2021 telah terjadi pembelian besar-besaran kartu VGA oleh para miner yang mengakibatkan harga semakin melangit, hal ini membuat para konten kreator, gamer memilih bersabar menunda upgrade kartu grapis mereka.

Crypto miner nunggu atau malah berhenti.

Adanya berita proses pembaruan menuju blockchain Ethereum 2.0 pada Juni 2022 yang bermigrasi dari berbasis proof-of-work (PoW) ke proof-of-stake (PoS). Artinya kedepannya kripto Ethereum akan menghapus mining menjadi staking. Hal ini bisa bikin penambang seharusnya bakal gulung tikar. Atau setidaknya menghentikan proses pembelian kartu grafis saat saat ini.

Regulasi Penambang kripto China

Aktivitas penambangan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya resmi dilarang di China per 24 September tahun 2021.
China sebagai salah satu negara penambang kripto terbesar tentu berpengaruh besar. Bahkan sekarang di China dibanjiri kartu graphis bekas mining dijual murah.

Babak baru persaingan Industri GPU

Selain hal diatas banyak pengamat juga mengaitkan peta persaingan baru di dunia GPU dengan hadirnya Intel yang bakal rilis GPU khusus gaming yakni Intel Arc tahun 2022 ini dan siap bersaing dengan Nvidia & AMD.