poster drive my car

Review Film Drive My Car (2021) – Berdamai dengan masa lalu

Yosuke Kafuku, seorang aktor dan sutradara teater kawakan. Dua tahun setelah kematian Istrinya, menerima sebuah proyek teater di Hiroshima. disana ia bertemu Misaki, seorang supir pribadi yang bertugas mengantarnya selama di Hiroshima.

Drive My Car, Film drama Jepang rilisan 2021 ini memenangkan tiga penghargaan di Festival Film Cannes tahun lalu dan mendapatkan 4 nominasi di Piala Oscar 2022. Ditulis dan disutradarai oleh Ryusuke Hamaguchi dan merupakan adaptasi cerita pendek karya penulis Haruki Murakami.
Drive My Car mengisahkan tentang Yosuke Kafuku (Hidetoshi Nishijima), seorang aktor dan sutradara teater kawakan. Dua tahun setelah kematian Istrinya, menerima sebuah proyek teater di Hiroshima. disana ia bertemu Misaki Watari (Toko Miura) seorang supir pribadi yang bertugas mengantarnya selama di Hiroshima.

Sinopsis film drive my car

Si Mas Yusuke ini mempunyai istri yang cantik, Oto (Reika Kirishima) seorang penulis naskah TV kenamaaan. Suatu Hari Yusuke Pamit ke Rusia untuk jadi juri di sebuah festival, tapi ternyata ada perubahan jadwal, maka doi balik lagi ke rumahnya.. eh tak dinyana dia mendapati Oto lagi “gituan” sama aktor muda Takatsuki (Masaki Okada), koleganya si Oto di tv.

Yusuke bukanya ngamuk atau menegur, si beliau ini memilih pergi diam diam dan berpura pura tidak terjadi sesuatu. Beberapa hari berikutnya saat Yusuke pulang ia mengalami kecelekaan ringan saat menghapal dialog di mobilnya. Istrinya menjemput dan pulamg ke rumah, dan malamnya seperti tidak terjadi apa-apa, mereka bercinta.

Oh iya, Oto ini punya kebiasaan aneh, saat berhubungan intim, akan mengalirlah sebuah cerita dari Oto, cerita yang akan bersambung di hubungan intim berikutnya, namun paginya Oto lupa, Yusuke lah yang menceritakan ulang. Ini seperti Seperti sebuah kerja kreatif, mereka adalah pasangan ideal, saling melengkapi baik dalam kehidupan sex maupun profesi. Cerita cerita Oto ini dikirim ke TV dan sukses menjadi best seller. Kegiatan ini mejadi obat buat Oto maupun Yusuke yang sejak putri mereka meninggal diusia 4 tahun, keduanya mengalami masa masa sulit karena kehilangan, Oto waktu itu berhenti berakting dan Yusuke berhenti bekerja di TV dan kembali ke Teater.

Besoknya Oto meminta Yusuke untuk pulang cepat karena ada yang ingin dibicarakan. Yusuke takut akan masa depan rumah tangganya maka dia datang terlambat, dan mendapati Oto meninggal karena pendarahan Otak.

Dua tahun berlalu, Diceritakan Yusuke diminta menjadi pengarah produksi untuk sandiwara panggung “Uncle Vanya” di sebuah teater di Hiroshima. Disana ia bertemu Misaki Watari (Toko Miura) seorang perempuan muda pendiam yang menjadi supir pribadi yang disediakan koleganya di Hiroshima.

Di sana juga dipertemukan dengan Takatsuki, yang tak lain dan tak bukan adalah selingkuhan istrinya dua tahun lalu. Takatsuki adalah aktor tv ganteng dan terkenal yang sering bermasalah, bad boy gitu lah. Takatsuki ikut mendaftar sebagai pemain dan diterima karena berakting dengan baik. Walau tidak suka, tapi seperti biasa, Yusuke mencoba berlaku profesional dan cool, namun tidak bisa ditutupi ada ketidaksukaan terlihat dari gestur dan perlakuan terhadap Takatsuki. Akan ada beberapa konflik kecil disana. Namun Takatsuki seperti tidak peduli malah sering mengajak Yusuke untuk bertemu dan ngobrol secara pribadi. Hingga akhirnya keduanya curhat tentang Oto didalam mobil yang disupiri Masaki.

Yusuke ngobrol sama Takatsuki
Yusuke ngobrol sama Takatsuki

Tak disangka Takatsuki justru yang membuatnya tersadar bahwa sikap diamnya selama ini justru tidak menyelamatkan hubungannya dengan Oto.

Sedangkan dengan Si Supir, Misaki, ternyata ada kisah yang sedih mengenai masalalunya. Ibunya adalah perempuan penghibur yang kasar dan sering memarahinya, hingga terungkap bahwa ibunya meninggal saat rumahnya tertimpa longsor. Misaki merasa bahwa dia telah membiarkan ibunya mati waktu itu. Disini Yusuke dan Misaki sama sama dihantui perasaan bersalah selama bertahun tahun. Yusuke merasa penyebab kematian Oto adalah dirinya yang tidak cepat pulang waktu itu. Yusuke melihat Misaki sebagai anak perempuannya, yang jika masih hidup seusia dengannya. Lalu Yusuke yang tercerahkan bertindak untuk menyelamatkan Misaki supaya berdamai dengan perasaan bersalah yang dipendam dan iklas.

misaki

Misaki mengunjungi rumah masa kecilnya

Kesimpulan

Drama ini berdurasi hampir 3 jam. Berjalan lambat seperti film-film jepang biasanya. Sebaiknya sediakan waktu luang jika ingin menikmati drama ini. Tapi jangan takut nanti bosan, akting dan plot yang banyak kejutan ditampilkan dengan gambar yang bagus, nuansa muram dan sepinya juga dapet sehingga tidak akan membosankan untuk dinikmati.

Drive My Car
Internet Movie Database: 7.6/10
Rotten Tomatoes: 97%
Metacritic: 91/100
Information
Runtime: 179 min
Genre: Drama
Awards: Won 1 Oscar. 73 wins & 95 nominations total
Director: Ryûsuke Hamaguchi
Writer: Haruki Murakami, Ryûsuke Hamaguchi, Takamasa Oe
Actors: Hidetoshi Nishijima, Tôko Miura, Reika Kirishima
Language: Japanese, English, Korean Sign , German, Mandarin, Tagalog, Korean, Indonesian
Country: Japan
Data provided by OMDB API
Review Film Drive My Car (2021) – Berdamai dengan masa lalu
Story
Sinematografi
Acting
Scoring
Reader Rating0 Votes
3.9