AOT curcol

Review Anime Attack on Titan Final Season – Episode 25

Saat musuh dan teman di persatukan dan berkumpul di api unggun, ‘Attack on Titan’ Season 4 Episode 25, membahas pengungkapan semua masa lalu yang mengerikan dari masing masing karakter.

Sinopsis

Saat Jean sedang membayangkan masa depan hidupnya yang damai bersama Istri (Mikasa?) dan memiliki anak. Hanji datang dan mengutarakan rencananya. Setelah berdebat jean dan Mikasa akhirnya ikut bersama Hange untuk bersekutu dengan orang-orang Marley untuk menghentikan niat Eren menhancurkan dunia.

Aku abdikan jiwa demi kebebasan umat manusia, dan merasa rekan-rekanku, sedang melihatku.
Sebagian besar mati tanpa tahu ada umat manusia di luar tembok.
Akan tetapi…
Asalkan bisa memberikan kebebasan pada pulau ini saja, sudah cukup.
Tak ada rekan kita yang berpikiran sempit begitu, ‘kan?
Kesempatan untuk menghentikan pembantaian…
adalah sekarang.

 

Episode ‘Night of the End’ memberikan kesempatan kepada semua karakter untuk mencurahkan isi hatinya dan menyembuhkan dari masa lalu.  Di sekitar api unggun sambil menikmati makanan yang dibuat Hanji.

Dimulai dengan Jendral Magath yang mengungkit dan mempertanyakan pasukan pengintai yang menggagalkan usahanya yang hampir berhasil mencegah terjadinya kontak Eren dan Zeke. Dijawab Jean bahwa yang memulai adalah Marley yang dulu mengirim titan titan ke paradise,  siapa yang menjebol tembok Paradise dan mengakibatkan Eren menyasikan ibunya dimakan Titan. Marleylah yang memicu niat Eren melakukan Rumbling. eh si Magath malah bahas sejarah 2000 tahun lalu.

Mau sampai kapan kau sok merasa jadi korban 2.000 tahun lalu?

Lalu Annie yang mempertanyakan Mikasa apakah serius mau membunuh Eren?

Di Episode ini juga akan membuka siapa Yelena, asal usul dan motifnya.

Lalu tentang kematian Marco. Sejak musim pertama, kita tau Jean telah menanggung rasa sakit kematian sahabatnya, Marco. Di ‘Night of the End’ kebenaran akhirnya terungkap saat Annie mengaku melepas perlengkapan Marco. Reiner menyambung dengan pengakuan dan penyesalannya bahwa mereka harus mengikuti perintah karena Marco telah mengetahui rahasia Bertolt. Hal ini membuat Jean marah dan menyerang Reiner.

Kesimpulan

Episode kali ini menegangkan bukan karena aksi aksi tapi dari curhatan, pengakuan dan pengungkapan. Menjadi episode penting untuk kita mengerti mengapa mereka bisa bersama, disatukan oleh niatan yang sama. Menghentikan genisida Eren.

Source nonton Attack On Tittan ep 25: Viu.com